Math Day: Display Alat Peraga Al Jabar





MATHDAY#2 2022 merupakan salah satu program kerja HM-PS Pendidikan Matematika 2022 Kabinet Algebra Departemen Kastrat (Kajian Aksi Strategis). Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pengabdian masyarakat yang diikuti oleh kalangan mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Fokus dari progaram ini adalah pengenalan media pembelajaran terkhusus pada materi aljabar. MATHDAY#2 ini dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Juli 2022 mulai pukul 07.00 s.d 10.00 WIB, bertempat di MTS Negeri 9 Sleman Yogyakarta dengan target siswa kelas 8.
MATHDAY#2 adalah wujud dari pemikiran bersama guna memberikan sumbangsih dari mahasiswa pendidikan matematika kepada masyarakat. Kegiatan ini sekaligus bentuk upaya dalam menunjang akreditasi Prodi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mengangkat tema “Penerapan Media Pembelajaran pada Materi Aljabar” sebagai peranan kecil HM-PS PMAT guna memberikan pengalaman mengajar, menciptakan serta mendemonstrasikan media pembelajaran bagi mahasisawanya, dan menambah wawasan serta pengalam baru bagi para siswa.
Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Sasikirana Zahra Maheswari selaku pembawa acara dilanjut sambutan oleh pihak penyelenggara kegiatan, Adinda Esa Tinaka selaku ketua panitia MATHDAY#2, Ardhina Wijayanti selaku ketua HM-PS Pendidikan Matematika, Raekha Azka, M.Pd selaku Pembina HM-PS Pendidikan Matematika, dan pihak madrasah, Umu Hani’,S.Pd selaku perwakilan kepala madrasah yang berhalangan hadir serta Drs. Sirojul Huda selaku guru mata pelajaran matematika kelas 8.
Setelah pembukaan yang bertempat di ruang kesenian selesai, para siswa diarahkan menuju kelasnya masing-masing agar dapat memulai kegiatan intinya. Dimulai dari memperkenalkan media pembelajaran fisik dengan materi Persamaan Satu Variabel yang telah di rancang sebelumnya. Dilanjut dengan media non fisik (online) dengan materi yang sama dan diakhiri dengan perkenalan singkat Persamaan Dua Variabel. Pada prosesnya, setelah para siswa diperkenalkan media pembelajaran mereka diminta untuk mencoba mengaplikasikan soal yang diberikan pada media pembelajaran fisik maupun non fisik. Tentu saja agar pembelajaran lebih menarik, kami mempersiapkan snack bagi siswa yang dapat menjawab soal dengan benar. Oleh karena itu, para siswa terlihat lebih bersemangat untuk menjawab soal-soal yang diberikan.
Pembagian kenang-kenangan kepada para siswa dilaksanakan setelah kegiatan pembelajaran selesai. Dilanjut dengan dokumentasi perkelas. Setelah kegiatan inti selesai, para siswa kembali dikumpulkan di ruang kesenian untuk penutupan. Penutupan diisi oleh penyerahan media pembelajaran oleh pihak penyelenggara yang diwakili oleh Iqbal Ramadhani, M.Pd selaku Pembina HM-PS PMAT kepada pihak madrasah yang diwakili oleh Drs. Sirojul Huda. Tidak lupa kesan dan pesan oleh para siswa dan ucapan terimakasih dari keduabelah pihak. Dokumentasi bersama adalah akhir dari penutupan sekaligus akhir dari kegiatan MATHDAY#2.
Akhir kata, kami berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pelajaran serta pengalaman berharga kepada seluruh pihak yang terkait. Membuat mindset baru bahwa belajar matematika itu tidak luput dari kata sulit tertapi dapat dibuat menjadi lebih seru dan menyenangkan sehingga mudah untuk dipahami.